Produktivitas Itu Butuh Stimulus!

Adalah wajar jikaseorang pimpinan menginginkan bawahannya untuk meningkatkan produktivitasnya, dan berharap ada kemajuan dalam performa organisasi secara keseluruhan. Hal itu memang suatu harapan yang ideal dan sudah menjadi keharusan dari seorang pimpinan terkait dengan tanggung jawabnya dalam mengelola organisasi. Akan tetapi perlu dipahami pula bahwa peningkatan priduktivitas itu tidak hanya melulu dalam bentuk perintah atau briefing setiap pagi. Perlu ada stimulus atau penyemangat untuk meningkatkan produktivitas para bawahan. Sebab ada korelasi antara stimulus dan peningkatan produktivitas.

Bentuk-bentuk dari stimulus dalam rangka peningkatan produktivitas itu bisa berbagai macam, bisa dalam bentuk penghargaan kenaikan jabatan, bonus, atau misalnya perjalanan wisata. Semua dapat dilakukan, asalkan ada kesediaan dari pimpinan untuk mempersiapkan stimulus tersebut. Jika pimpinan hanya berharap bawahannya untuk meningkatkan produktivitas tapi tidak bersedia dalam mempersiapkan stimulus, maka hasil yang diharapkan belum tentu akan menggembirakan.

Memang benar bahwq setiap karyawan sudah memiliki tugasnya masing-masing, dan mereka diharapkan untuk memenuhi tugas tersebut dengan baik. Tapi harus dipikirkan pula bahwa setiap manusia memiliki kebutuhan. Kebutuhan ini mungkin saja tidak terpenuhi dengan gaji yang setiap bulan mereka dapatkan. Karena itu stimulus bonus atau tambahan ongkos operasional adalah kesempatan mereka dalam memenuhi kebutuhannya. Adalah tidak rugi jika seorang pimpinan menyisihkan  sedikit anggaran untuk stimulus ini. Keuntungan yang diperoleh dapat dipastikan akan berlipat ganda, dan produktivitas diyakini akan meningkat. Keuntungan lainnya adalah respon penilaian karyawan terhadap pimpinan. Adanyan stimulus akan meningkatkan loyalitas mereka kepada pimpinan. Kita tidak perlu berfikir bahwa mungkin bawahan kita hanya loyal kepada uang. Selama kinerja mereka meningkat dengan adanya stimulus, maka lanjutkan saja hal ini. Toh kita sebagai pimpinan juga punya target yang harus dicapai.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *