Kesiapan Mengajar

Ada kalanya guru bingung untuk memberikan materi, walaupun rencana mengajar sudah siap. Akan tetapi berhubung setiap waktu kita bertemu sama siswa, maka kita sebagai guru harus selalu memikirkan agar proses belajar tidak membosankan.
Banyak cara agar mengajar tidak membosankan, bisa melalui permainan, kerja kelompok atau yang lainnya. Namun yang pasti semua itu harus diawali dengan kesiapan kita untuk menyampaikan materi pemblejaran. Jika kita sudah siap mengajar, maka biasanya akan muncul ide dan improvisasi di lapangan agar bagaimana siswa merasa belajar dengan kita menjadi lebih menyenangkan.
Namun tidak dipungkiri bahwa guru pun suka dihinggapi kebosanan dan kemalasan, sehingga pada akhirnya akan berujung pada cara mengajar yang tidak bermutu. Bisa saja minggu kemarin pelajaran yang disampaikan dapat sukses diberikan, dan para siswa merasa bersemangat. Tapi di minggu berikutnya justru malah berbalik, proses belajar menjadi membosankan. Hal ini mungkin berhubungan dengan suasana hati sang guru di waktu tersebut.
Memang tidak mudah untuk mempersiapkan proses belajar mengajar. Bahkan guru yang sudah berpulu-puluh tahun mengajar pun masih saja dihinggapi suasana membosankan seperti ini, walau tidak selamanya. Untuk itu kita sebagai guru memang harus benar-benar mersapi bahwa mengajar itu ibadah, dan siswa menjadi lebih pintar sebagai akibat dari cari mengajar kita adalah suatu kebanggan tersendiri bagi kita.

4 thoughts on “Kesiapan Mengajar”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *