Category Archives: entrepreneurship

Sejarah Barcode Untuk Berjualan di Toko

Visits: 42

Penggunaan Barcode kini sudah banyak digunakan oleh berbagai industri dan bisnis ritel. Barcode digunakan dalam proses bisnis ritel atau bisnis membuka toko karena sifatnya yang akurat, mudah digunakan, dan dapat menyediakan pengumpulan data yang seragam dan umpan balik yang tepat waktu, Penggunaan barcode dapat meningkatkan produktivitas dan profitabilitas. Kini, bukan hanya ritel saja yang menggunakan barcode, bidang manufaktur, pergudangan, pengiriman, transportasi dan sebagainya mulai menggunakan barcode untuk proses bisnisnya. Bahkan, pelacakan aset, perawatan kesehatan, konstruksi, manajemen dokumen, hingga tanda peserta pun kini menggunakan barcode.

Sejarah Barcode
Konsep barcode pertama kali dimulai oleh Wallace Flint pada tahun 1932. Dia menemukan sistem pembayaran otomatis untuk toko bahan makanan dengan menggunakan kartu berlubang, yang ditempatkan di alat pembaca.

Kemudian pada tahun 1948, Bernard Silver bersama temannya Norman Joseph Woodland meneliti sebuah metode yang dapat membaca informasi produk secara otomatis. Tinta sensitif sinar ultraviolet digunakan, dimana dengan tinta ini akan membuat pola tinta yang akan bersinar di bawah sinar ultraviolet. Namun, metode tersebut gagal karena ketidakstabilan dan pola pencetakan yang mahal.

Pada tahun 1949, sebuah paten diajukandengan judul “Alat dan Metode Pengklasifikasian”. Simbol yang terdiri dari serangkaian lingkaran konsentris digunakan oleh mereka. Namun, deskripsi diberikan pada simbologi barcode linier saat ini.

Pada tahun 1967, David J. Collins mendirikan Computer Identics Corporation dan mengembangkan sistem barcode hitam putih yang dapat dibaca oleh sinar laser. Sistem ini digunakan untuk distribusi, produksi, pengiriman, penyortiran, dan aplikasi lainnya.

Kemudian pada tahun 1967, salah satu sistem pemindaian pertama dipasang oleh Radio Corporation of America (RCA) yang menggunakan simbol barcode “bull’s eye”.

John F. Keidel menemukan sistem pembacaan barcode pertama yang sukses secara komersial pada tahun 1969. The Universal Grocery Products Identification Code atau UGPIC atau Kode Identifikasi Produk Kelontong Universal mulai dikembangkan pada tahun 1970. Pada tahun 1970, barcode digunakan untuk perdagangan eceran untuk pertama kalinya oleh Monarch Marking. Sistem ini diterapkan untuk keperluan industri untuk pertama kalinya oleh Plessey Telecommunications.

Pada tahun 1970-an, US Supermarket Ad Hoc Committee of Uniform Grocery Product Code didirikan oleh The National Association of Food Chains (NAFC) yang merumuskan kode standar barcode 12 digit. Pada tahun 1973, UGPIC diubah menjadi Uniform Product Code (UPC) oleh George J. Laurer.

UPC Barcode scanner atau Pemindai Barcode UPC pertama dibuat pada tahun 1974 oleh NCR Corp. dan dipasang di supermarket Marsh di Troy, dan Permen karet Wrigley adalah produk pertama yang dipindai oleh pemindai barcode di supermarket.

Setelah mengalami banyak perubahan, barcode saat ini berkembang sebagai alat produktivitas bisnis yang paling efektif. Saat ini, sistem barcode tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran untuk memenuhi berbagai kebutuhan bisnis yang berbeda. Sistem ini terutama terdiri dari empat komponen, yaitu:

Printer Barcode
Printer Barcode digunakan untuk mencetak label barcode. Kini, Printer barcode desktop dan nirkabel sudah tersedia secara luas. Thermal transfer dan teknologi direct thermal biasanya digunakan oleh printer barcode. Jika dibandingkan dengan printer konvensional, printer ini mencetak label lebih cepat, lebih efisien, dan dengan kualitas cetak yang lebih baik. Memilih jenis printer barcode yang tepat untuk digunakan terutama didasarkan pada jenis label yang akan dicetak dan jumlah yang dicetak per hari.

Barcode Label
Label barcode tidak lain adalah tag di mana barcode dicetak menggunakan printer barcode. Label dilampirkan pada produk atau barang yang dibaca oleh pemindai. Tata letak label barcode bervariasi tergantung pada industri dan aplikasi. Setiap kombinasi teks, grafik, dan informasi barcode dapat dicetak pada barcode label. barcode label tersedia dalam berbagai bahan yang dapat bekerja di hampir semua lingkungan.

Barcode Scanner
Alat yang digunakan untuk membaca barcode disebut barcode scanner. Alat ini membantu dalam membaca informasi yang ada di barcode secara akurat dan mengurangi tingkat kesalahan seperti yang biasa dilakukan oleh pengolahan data secara manual. Barcode scanner menggunakan berbagai teknologi pemindaian seperti laser, CCD, dan 2D. Memutuskan menggunakan barcode scanner mana yang akan digunakan tergantung pada jenis simbologi barcode dan kondisi atau tempat atau lingkungan di mana alat tersebut akan digunakan.

Database
Proses sistem barcode tidak cukup hanya dengan membaca barcode. Informasi mengenai produk seperti deskripsi, harga, jumlah persediaan, dan akuntansi harus disimpan terlebih dahulu dalam database. Memindai barcode berarti mengakses informasi yang ada di database.

Itulah sejarah Barcode untuk berjualan di toko. Sistem barcode ini telah memberikan solusi efektif dan efisien bagi perusahaan ritel baik yang berskala besar ataupun kecil. Bahkan ketika anda membuka toko kecil untuk pertama kali pun, produk yang akan dijual kini dapat dipasang label barcode dengan menggunakan alat yang mudah dan murah.

MANFAAT POS DISPLAY DI TOKO ANDA

Visits: 41

POS Display adalah singkatan dari Point of Sale Display. Secara harfiah POS Display memiliki arti ‘titik penjualan’.POS Display merupakan bentuk promosi penjualan berupa end of gondola, counter display, atau floor standing. POS Display biasa ditemukan di area kasir ataupun area-area strategis lainnya di suatu toko atau pusat perbelanjaan, misalnya di dekat pintu masuk toko, Tampilan POS Display biasanya sangat menarik dan tentunya berperan penting dalam meningkatkan impulse buying customer, serta tentu dapat meningkatkan penjualan toko. Berikut adalah manfaat POS Display di toko anda yang penting untuk anda cermati dan bisa anda praktekan.

POS Display dapat Menarik Perhatian pembeli

Calon pembeli biasanya sering berjalan-jalan melewati lorong-lorong untuk mencari produk yang diinginkan. Kemasan suatu produk saja belum tentu cukup bisa mengesankan calon pembeli tersebut untuk akhirnya memtuskan untuk membeli barang. Untuk alasan itu, penjual sekarang menggunakan POS Display untuk menarik perhatian pengunjung toko.

POS Display menawarkan Banyak ruang untuk Branding

Manfaat lain dari POS Display ini adalah membantu memudahkan pembeli Anda untuk mengenali merek suatu produk. Jika anda pemilik toko dan sekaligus juga pemilik brand suatu produk, maka POS Display akan menawarkan banyak ruang untuk branding selain juga memberi Anda kesempatan untuk mendidik pembeli. Selain itu, dengan POS Display, maka dapat ditambahkan informasi atau tulisan menarik yang memberikan informasi tambahan tentang produk tersebut.

POS Display membantu Menemukan Produk Yang Dicari

POS Display dapat dipasang di ujung rak toko. Oleh karena itu, walaupun suatu produk disimpan di pojok toko, dengan adanya POS Display, maka produk tersebut akan tetap dapat mudah untuk ditemukan.

POS Display adalah alat Bantu untuk Memasarkan Produk

Perjuangan umum untuk merek adalah memastikan bahwa produk dapat dipasarkan secara efektif di toko ritel. Ini dibatasi oleh seberapa baik toko memahami merek suatu produk. Dengan adanya POS Display, maka toko dapat menentukan dengan tepat bagaimana suatu produk diiklankan di dalam toko. Tentu saja ini adalah strategi marketing yang murah dan menghemat banyak tenaga.

POS Display bisa Menghemat Biaya Promosi

Mengiklankan suatu produk di berbagai platform tentu memerlukan banyak uang. Dengan POS Display, maka suatu merek dagang dapat dikomunikasikan ke calon pembeli dengan biaya yang efektif. Bahkan bukan hanya merek dagang, suatu aplikasi resep masakan sedap dan sehat pun dapat diiklankan dengan menggunakan POS Display.

POS Display Menargetkan Impulse Buying Customers

POS Display dapat berfungsi untuk menarik pelanggan agar membeli suatu produk walau pada awalnya pengunjung tidak ada rencana untuk membelinya. POS display yang menarik akan memicu pengunjung untuk menciptakan Impulse Buying.

Itulah Manfaat POS Display di Toko anda. Jadi, jika suatu produsen menawarkan POS Display untuk dipajang di toko anda, maka jangan di tolak. Terima saja, dan pajang POS Display tersebut di tempat yang strategis. Jika laku banyak, tentu toko anda pun akan mendapatkan bonus penjualan. Jika anda adalah produsen suatu barang, maka mulai saat ini cobalah untuk membuat POS Display yang menarik, dan titipkan POS Display tersebut di toko-toko yang menurut anda cocok atau siapkan untuk POS Display tersebut untuk menghiasi booth pameran produk yang akan anda ikuti.

Self Employed di Bidang Bisnis Online

Visits: 94

Self Employed adalah orang yang bekerja tidak terikat dengan perusahaan atau institusi tertentu. Karena tidak terikat dengan perusahaan atau institusi tertentu, maka mereka mendapatkan uang sesuai dengan kerja keras mereka sendiri. Dalam istilah kerennya, seorang self employed adalah seorang wirausaha atau seorang entrepreneur. Banyak tidaknya mereka mendapatkan uang adalah sesuai dengan kerja keras mereka dan upaya mereka sendiri dalam membangun sumber rejekinya. Self employed sudah ada sejak dulu, akan tetapi self emloyed di bidang bisnis online baru mulai marak di era sekarang ini, atau yang disebut dengan era millenial.

Self employed di bidang bisnis online telah menjadi topik yang cukup trending semenjak perkembangan teknologi informasi semakin maju dan praktis, dan bisnis online menjadi pilihan utama bagi para calon pengusaha. Mengapa? Karena pendapatan di bisnis online bisa sangat menjanjikan. Pendapatan di bisnis online relatif tidak terpengaruh secara negatif oleh resesi ekonomi yang lesu dan menawarkan keamanan kerja. Banyak model self employed di bisnis online, mulai dari menjadi youtuber, pedagang e-commerce, atau bahkan menjadi developer aplikasi.

Sebuah bisnis online jauh lebih mudah untuk dimulai karena berbiaya rendah dalam memulainya. Banyak pebisnis online yang sukses bahkan telah membangun bisnis mereka dengan praktis tanpa biaya, mereka hanya mengandalkan waktu yang mereka mliki untuk mebangun platform bisnis online mereka. Youtuber membuat konten, penjual e-commerce memulai dengan menjadi dropshipper, Developer memulai dengan membuat aplikasi yang mereka sukai mereka. Dan mereka akan mendapatkan penghasilan dari iklan yang muncul di aplikasi. Sama seperti Youtube. Jika anda memiliki blog atau website, maksimalkan blog anda untuk menjadi sumber pendapatan pasif dengan mendaftarkan blog atau website anda di Adsterra. Klik disini untuk bergabung dan melihat model bisnis adsterra.

Tujuan utama Anda dalam bisnis online atau bisnis apa pun adalah menghasilkan penjualan. Agar berhasil dan menghasilkan keuntungan dari bisnis Anda, Anda harus mempromosikan produk atau layanan Anda ke audiens yang ditargetkan. Bisnis online yang sukses mengikuti rencana tindakan strategis. Tidak diragukan lagi, ide-ide hebat akan sering muncul ke permukaan saat menjalankan bisnis online Anda Di sinilah Anda perlu melatih kedisiplinan. Alih-alih mengejar setiap pikiran yang muncul di benak, cukup letakkan semua ide hebat Anda di buku catatan dan simpan untuk proyek masa depan.. Ini akan membuat segalanya lebih lancar dan Anda akan tetap berada di jalur sukses tanpa gangguan. Ini adalah praktik umum di kalangan pemasar berpengalaman.

Memulai dengan pemasaran afiliasi atau menjadi dropshipper dalam bisnis online mungkin merupakan metode termudah untuk menghasilkan pendapatan online. Ada banyak program afiliasi yang dapat Anda ikuti, seperti afiliasi involve.asia. Anda mulai menghasilkan uang segera dengan mempromosikan produk atau layanan orang lain. Sekali lagi, ini adalah salah satu cara terbaik dan tercepat untuk menjadi self employed dibisnis online. Sebagai afiliasi, tugas Anda membantu orang lain untuk mencari apa yang mereka cari. Dan ketika pembelian dilakukan, maka ANDA AKAN MENDAPATKAN INSENTIF!!! Semua dari produk atau jasa orang lain…

Pun demikian halnya dengan menjadi seorang dropshipper. Anda tidak perlu memiliki produk atau membeli produk sebagai modal untuk dijual kembali ke konsumen anda. Cukup dengan mengambil foto-foto produk milik orang lain, kemudian posting di blog anda atau aplikasi e-commerce. Ketika terjadi pembelian, maka tentu anda akan mendapatkan keuntungan. Anda pasti pernah mendengar bahwa “Kalau memulai bisnis itu harus punya modal” Nah itu adalah pernyataan yang tidak relevan untuk di bisnis online. Di bisnis online, jika anda cerdik, dan pandai melihat peluang, maka anda tidak perlu modal uang sama sekali untuk memulai menjadi self employed di bisnis onlen. Self employed di bidang bisnis online, anda tidak perlu modal, namun anda haru mau mengorbankan waktu anda untuk beristirahat. Karena di bisnis online, modal anda adalah waktu.

5 PLATFORM MEDIA SOSIAL UNTUK PROMOSI BISNIS ANDA. PILIH SALAH SATU ATAU GUNAKAN SEMUANYA

Visits: 127

Pemasaran Media Sosial atau marketing medsos adalah proses mendapatkan perhatian dan lalu lintas web atau traffic web melalui situs media sosial. Dalam proses ini, konten kreatif berupaya menjangkau massa atau target pemasaran melalui penciptaan publisitas dari suatu konten yang dipasang di platform media sosial. Pada intinya, setiap konten kreatif harus memahami tujuan, produk, layanan, dan alasan untuk mempromosikan melalui World Wide Web. Dunia Media Sosial saat ini sudah lebih luas dari sebelumnya. Media sosial adalah platform pemasaran yang sangat strategis yang menjangkau berbagai budaya, usia, agama, jenis kelamin, lokasi, minat dan semacamnya. Oleh karena itu media sosial merupakan alat yang sangat bagus dan dapat diandalkan untuk menjangkau dan menargetkan audiens di seluruh dunia. Berikut adalah berbagai platform dasar media sosial yang dapat digunakan untuk melakukan marketing sosial media atau marketing medsos. Berikut adalah 5 Platform Media Sosial untuk promosi Bisnis Anda. Pilih Salah Satu atau Gunakan Semuanya.

Facebook
Jika Anda sudah menjadi pengguna Facebook, ini mungkin bukan hal baru bagi Anda, tetapi yang harus anda tahu, sebetulnya ada banyak fitur di Facebook yang dapat digunakan untuk marketing medsos. Anda dapat membuat halaman bisnis khusus dan berinteraksi secara langsung, dan gratis, dengan pelanggan Anda. Anda dapat mengunggah gambar, produk, dan bahkan mengirimkan link youtube channel anda melalui Facebook ini. Dengan Facebook anda dapat membagikan produk Anda ke teman-teman atau grup yang anda ikuti atau grup Facebook yang anda buat. Orang-orang membuka Facebook, dalam situasi apa pun, baik saat bepergian, di taman, di rumah, di sekolah, atau saat waktu luang di tempat kerja. Anda hadir disana di sana dengan cara mempromosikan produk anda apapun itu produknya, baik jasa, produk fisik, channel youtube, hingga bahkan blog andalan anda di Facebook. Intinya anda mempromosikan bisnis Anda di Facebook.

Blog
Blog adalah cara mudah bagi orang untuk berkomunikasi secara semi-profesional dalam hal konten tulisan. Pada menulis di blog, konten yang berkualitas dan judul yang menarik merupakan kunci untuk menarik mnat pembaca. Ada banyak CMS (Content Management Service) Layanan Manajemen Konten untuk blogging, di antaranya adalah Blogspot, WordPress dan Tumblr. Jika anda rajin menulis, dan kebetulan memiliki produk, maka Blog bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memasarkan produk anda di Medsos.

Twitter
Twitter adalah alat marketing medsos dengan cara membuat pesan dengan maksimum isi tulisan sebanyak 140 karakter. Melalui pesan tulisan ini, pengikut atau disebut dengan followers dapat membaca dan melihat isi pesan anda kapan saja di news feed merek a. melalui Twitter, para pengguna dapat membicarakan suatu Tweet, berinteraksi langsung, atau memulai percakapan baru. Jika anda suka membuat pantun, atau pandai merangkai kata-kata yang singkat namun berisi, maka Twitter bisa menjadi alat untuk marketing Medsos produk anda.

Linkedin
Linkedin mungkin platform media sosial yang tidak begitu populer bagi kalangan orang umum, namun bagi para profesional, atau pegawai kantoran, platform ini merupakan alat yang sangat strategis untuk melakukan marketing medsos. Jika di Facebook dan Twitter seseorang mengikuti siapa pun yang mereka minati untuk sekadar bersosialisasi serta bisnis dan perusahaan, maka Linkedin dimaksudkan untuk lebih fokus pada profesionalisme di media sosial.

Di Linkedin, Anda dapat menjadi bagian dari orang yang mencari pekerjaan/layanan, atau bagian dari perusahaan yang menawarkan pekerjaan/layanan. Dengan demikian, Anda dapat membuat profil pribadi dengan informasi profesional Anda, studi, informasi kontak, minat, sertifikasi, identifikasi, dll. Di Linkedin, anda dapat membuat halaman bisnis dengan cara yang sama seperti yang Anda lakukan di Facebook atau Twitter. Dengan tujuan marketing Medsos, anda dapat membagikan informasi tentang merek, layanan, produk, jati diri anda melalui platform ini. jika anda memiliki keahlian tertentu dan menyasar target para profesional untuk mengenal kemampuan anda, maka Pergunakan Linkedin dan lengkapi profilnya dengan sebenar-benarnya.

Youtube
YouTube adalah platform yang sangat menarik saat ini dimana berii video-video yang dibuat oleh apa yang disebut dengan konten kreator Youtube. Saat ini hampir dipastikan semua orang menonton video di Youtube. Jika seseorang menyukai suatu video, maka orang tersebut akan menjadi pelanggan channel video tersebut dengan cara melakukan klik subscribe. Seperti misalnya jika seseorang menyukai konten video belajar bidang kelautan dan perikanan, maka mereka akan menjadi pelanggan Yusep Channel. Dengan menjadi pelanggan, maka mereka akan selalu mendapatkan informasi mengenai kehadiran video terbaru dari cannel tersebut.

melalui Youtube, Peluang produk Anda untuk dilihat sangat besar dan Anda juga bisa membuat orang berlangganan di Saluran Youtube Anda, Saluran Youtube atau Channel Youtube adalah ruang YouTube Anda sendiri tempat Anda mengunggah video Anda. Beberapa orang merasa jauh lebih menarik dan lebih mudah untuk menonton video daripada membaca suatu artikel di blog. Oleh karena itu, channel youtube bisa dimanfaatkan untuk promosi atau memasarkan produk anda melalui upload video yang menarik. Sebagai contoh, Jika Anda ingin mempromosikan suatu pakaian, Anda dapat mengunggah video berupa tayangan orang-orang yang menggunakan pakaian Anda. dan pada akhir video, anda dapat mengarahkan orang ke situs bisnis utama Anda. untuk semakin memperbesar target pemasaran anda, maka anda dapat meminta penonton untuk merekomendasikan dan membagikan video Anda ke orang lain. Demikianlah 5 Platform Media Sosial untuk promosi Bisnis Anda. Pilih Salah Satu atau Gunakan Semuanya.

Cara Mengoptimalkan Halaman Facebook Anda untuk UMKM

Visits: 218

Facebook telah menjadi platform periklanan dan promosi paling populer untuk semua jenis bisnis. Apakah anda adalah seorang pemula atau pemilik bisnis yang sudah mapan, dengan Halaman Facebook, Anda dapat menjangkau audiens ssecara maksimum dan dapat menargetkan mereka secara efektif. Facebook juga memungkinkan Anda untuk mengiklankan situs web dan halaman web Anda sehingga dapat meningkatkan lebih banyak traffic pengunjung dan sebagai hasilnya, penjualan Anda akan meningkat. Berikut adalah Cara Mengoptimalkan Halaman Facebook Anda untuk UMKM

1. Pahami Pemasaran Facebook Terlebih Dahulu

Sebelum melompat ke platform ini untuk mengiklankan Halaman bisnis Facebook Anda, Anda perlu memahami bahwa Halaman bisnis Facebook Anda sangatlah penting untuk situs web Anda, dan Anda harus meletakkan semua informasi tentang situs Anda di Facebook. Gunakan kata kunci strategis untuk mengoptimalkan halaman bisnis Facebook Anda. Dengan Kata Kunci dan informasi yang tepat, Google juga akan menampilkan hasil yang diinginkan pengunjung. Anda akan mendapatkan lebih banyak traffic organik melalui Penelusuran Google.

2. Buat Halaman Bisnis Facebook yang Cocok

Halaman Facebook untuk bisnis yang berbeda dengan halaman facebook pada umumnya akan mengoptimalkan target promosi anda. dan untuk alasan itu, Anda harus memilih Halaman Facebook yang tepat untuk bisnis Anda. Anda harus memilih halaman Facebook mana yang sesuai dengan merk bisnis anda. Apakah halaman facebook anda merupakan Bisnis atau Tempat Lokal, Perusahaan Pribadi, merek atau produk, Hiburan, Komunitas, atau figure personal. Dari halaman di atas tersebut, Anda akan dapat memilih halaman yang sesuai untuk bisnis lokal Anda. Karena bisnis lokal memiliki lokasinya, Anda perlu mengatur lokasi bisnis Anda dan dengan cara ini Anda dapat mengoptimalkannya. Tab halaman lokasi akan menunjukkan banyak bagian untuk diisi dengan benar. Anda perlu menambahkan informasi tersebut ke Halaman Facebook. Profil Facebook berbasis lokasi akan meminta Anda untuk memasukkan Nama, Alamat, Nomor Telepon, Nama Pengguna, Kategori, Alamat Situs Web, Email, dan Tentang. Isi dengan benar, dan sekali lagi fokus kepada kata kunci.

3. Cantumkan Jam Kerja dengan akurat

Sama seperti cantuman Google Bisnis, Anda perlu mengatur Jam Kerja secara akurat di halaman facebook. Jika Anda baru saja mengubah jam kerja, Anda perlu memperbaruinya, dan itu sama pentingnya untuk menjaga agar pengunjung dan pengguna tetap terbarui. Facebook tidak mengizinkan Anda untuk menyesuaikan jam kerja untuk liburan dan festival lainnya dan untuk alasan itu, Anda harus fokus untuk memanfaatkan Postingan Facebook. Anda dapat membuat pengguna Anda memahami tentang jam kerja pada hari libur melalui Postingan Facebook di halaman Anda.

4. Pilih Nama Pengguna yang sesuai

URL yang ramah pengguna akan membantu pengguna dan mesin pencari untuk menemukan halaman anda dengan cepat. Nama Pengguna yang singkat dan tepat di halaman Facebook Anda memudahkan pengguna untuk menemukan halaman Facebook Anda hanya dengan mencari di web. Jika anda menemukan tautan halaman bisnis Facebook Andaterkesan ganjil, Anda perlu mengubah Nama Pengguna dengan mengunjungi opsi Pengaturan. Anda hanya akan diizinkan untuk menyesuaikan Nama Pengguna setelah Anda memiliki beberapa like di halaman Facebook Anda.

5. Buat Profil yang menarik dengan Gambar dan video

Pastikan Anda telah mendesain halaman bisnis Anda dengan baik di Facebook dengan Gambar yang menarik. Sama seperti Profil Facebook Anda sendiri, Anda juga dapat menempatkan Gambar Sampul di halaman merek Facebook Anda. Facebook baru-baru ini mengubah area halaman sampul, dan sekarang, Anda dapat mengunggah video di bagian ini seperti situs web yang disesuaikan.

6. Kelola Ulasan dan Komentar

Hal ini memungkinkan pengunjung dan pengguna untuk meletakkan ulasan mereka dengan peringkat. Mereka juga dapat meninggalkan komentar mereka. Anda harus mendorong pengunjung Anda untuk memberikan ulasan tentang pelayanan anda terhadap pelanggan, dan informasi mereka ini yang tercantum di halaman akan membangun kesan yang baik pada pengunjung masa depan.

Demikianlah Cara Mengoptimalkan Halaman Facebook Anda untuk UMKM. Semoga bermanfaat, dan ..semoga sukses.

TIPS UNTUK MEMBANTU PEMASARAN ANDA DAN DITERAPKAN SECARA KONSISTEN

Visits: 152

Apakah Anda menemukan bahwa upaya pemasaran Anda serampangan dan di mana-mana? Jika demikian, Anda tidak sendirian. Konsistensi adalah salah satu area di mana pengusaha sering mengalami kesulitan paling besar. Ini adalah area yang harus diperhatikan dengan cermat, karena untuk mengembangkan bisnis dan pendapatan Anda, Anda perlu secara konsisten terhubung dengan orang-orang yang sudah mencari apa yang Anda tawarkan. Berfokus hanya pada BEBERAPA strategi pemasaran utama dalam satu waktu dijamin akan memberi Anda hasil yang terbaik. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu pemasaran Anda dan diterapkan secara konsisten :


• Jadwalkan waktu untuk pemasaran SETIAP hari dan SETIAP minggu: Saya tahu ini terdengar sederhana tetapi jangan abaikan! Anda mungkin memiliki setidaknya satu janji temu berulang di kalender Anda setiap minggu, baik itu untuk bisnis atau kehidupan pribadi Anda. Anda menepati janji itu setiap minggu karena itu penting bagi Anda dan melihat manfaatnya. Anda harus memiliki pendekatan yang sama untuk pemasaran Anda. Anda tidak bisa membiarkannya kebetulan. Bahkan jika Anda hanya menghabiskan 30 menit sehari dengan fokus mengambil tindakan spesifik untuk mengembangkan bisnis Anda, Anda akan melihat peningkatan yang signifikan dalam keuntungan Anda.

• Lakukan pemasaran Anda PERTAMA: Bagaimana Anda memulai hari Anda? Apakah Anda memiliki kebiasaan memulai setiap hari dengan membaca email? Ide buruk. Itu menarik Anda langsung ke mode reaktif; melakukan apa yang orang lain perlu Anda lakukan dan ingin Anda lakukan. Tentu saja, pasti ada tempat untuk itu. Anda memang perlu menyisihkan waktu untuk menanggapi pesan yang Anda terima. Namun, Anda tidak harus MEMULAI hari Anda dalam mode itu. Pilih sebagai gantinya untuk memulai hari Anda dengan aktivitas pemasaran. Perbarui blog Anda. Tindak lanjut dengan calon klien. Tulis buletin email Anda. Perbarui profil media sosial Anda. Apa pun aktivitasnya, Anda memulai hari dengan fokus pada pertumbuhan. Anda akan mulai melihat hasil langsung dari upaya konsisten Anda.

• Kerjakan rencana Anda: Salah satu alasan banyak pengusaha kesulitan dengan pemasaran mereka adalah karena mereka mencoba melakukan terlalu banyak dan tidak tahu harus mulai dari mana terlebih dahulu. Ketika Anda mengikuti sebuah rencana, Anda akan menjaga diri Anda dari membuang-buang waktu dan uang untuk strategi yang tidak sesuai dengan Anda. Anda akan secara konsisten menikmati hasil yang lebih baik (yaitu: lebih banyak keuntungan!) karena Anda mengambil tindakan yang terfokus.

• Bertanggung jawab pada diri sendiri: Dibiarkan dengan perangkat kita sendiri, TIDAK ADA dari kita yang akan tetap fokus pada tujuan kita seperti yang kita inginkan. Kami terus-menerus dibanjiri dengan informasi, peluang, dan gangguan baru setiap hari. Dan sangat mudah untuk terkelupas pada diri kita sendiri. Jadi sangat penting bahwa Anda membuat sistem akuntabilitas untuk diri sendiri. Inilah yang membuat pelatihan pemasaran begitu kuat. Anda memiliki seorang mentor, yang telah berjalan dengan sepatu Anda, untuk membantu Anda menyusun strategi, berpegang teguh pada janji yang Anda buat, dan membantu Anda mengatasi alasan Anda dan menghilangkan di mana Anda berdiri dengan cara Anda sendiri. Berinvestasi pada pelatih yang tepat adalah investasi TERBAIK yang dapat Anda lakukan di DIRI SENDIRI. Ketika Anda muncul sepenuhnya dan melakukan pekerjaan, berinvestasi dalam pembinaan selalu, selalu membayar untuk dirinya sendiri! Tidak ada pengusaha yang harus tanpa pelatih atau mentor dan itu termasuk Anda.
Anda tidak perlu merombak seluruh operasi Anda untuk mengatur dan mulai memasarkan bisnis Anda secara konsisten. Dengan beberapa tweak sederhana dan usaha yang konsisten Anda AKAN mendapatkan hasil! Jadwalkan waktu untuk pemasaran setiap hari, mulai hari libur Anda dengan memasarkan bisnis Anda, kerjakan rencana Anda, dan ciptakan akuntabilitas untuk diri Anda sendiri. Dalam waktu singkat, Anda akan mulai melihat peningkatan visibilitas, klien, dan pendapatan!
Tips mana yang akan Anda terapkan terlebih dahulu? Demikianlah tips untuk membantu pemasaran Anda dan diterapkan secara konsisten.

Apa Beda MARKETING dengan ADVERTISING

Visits: 16

Anda mungkin sering menemukan banyak orang sulit membedakan antara marketing dengan advertising atau sebaliknya. Walaupun kedua ilmu tersebut sama-sama penting, tapi sangatlah berbeda. Jika Anda memahami perbedaannya dan rajin melakukan riset maka perusahaan sudah berada dalam jalur yang tepat untuk bertumbuh. Mari kita mulai dengan meneliti definisi formal dari keduanya, lalu kita telusuri lebih lanjut apa beda marketing dengan advertising.

Advertising

Advertising adalah suatu pengumuman atau pesan persuasif berbayar, publik dan non-personal oleh suatu sponsor yang jelas. Bisa juga diartikan suatu presentasi atau promosi non-personal yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk suatu produknya, yang ditujukan untuk semua pelanggan atau calon pelanggannya.

Marketing

Marketing adalah suatu perencanaan, implementasi, dan kendali sistematik dari sekelompok aktivitas bisnis, yang bertujuan untuk menyatukan semua pembeli dan penjual yang terlibat dalam suatu interaksi yang sama-sama menguntungkan.

Setelah membaca kedua definisi tersebut, maka mudah untuk mengerti bagaimana perbedaannya, dan mengapa bisa membingungkan sehingga banyak orang menganggapnya sama. Jadi coba kita uraikan lagi sedikit demi sedikit.

Advertising hanyalah satu bagian dari suatu proses marketing. Bagian tersebut adalah bagian yang mencakup aktivitas penyampaian pesan yang menyangkut bisnis, produk, atau jasa yang ditawarkan perusahaan. Semua itu juga mencakup proses pengembangan strategi seperti placement, frekuensi penayangan, dan lain-lain.

Advertising mencakup placement atau penempatan suatu iklan dalam macam-macam media seperti koran, direct mail, billboard, televisi, radio, dan Internet. Advertising adalah bagian yang paling banyak memakan budget dari kebanyakan aktivitas marketing. Bagian PR mungkin adalah yang kedua memakan budget terbesar, yang bersaing ketat dengan riset marketing.

Cara terbaik untuk membedakan antara advertising dan marketing adalah mengumpamakan marketing sebagai sebuah kue, dimana di dalam kue marketing tersebut terdapat irisan advertising, riset, media planning, PR, product pricing, distribusi, customer support, strategi penjualan, serta komunitas. Advertising hanya bagian dari marketing. Semua bagian tersebut harus bekerjasama dan tidak bisa berdiri sendiri-sendiri untuk mencapai tujuan secara keseluruhan.

Marketing adalah suatu proses yang butuh waktu dan menghabiskan banyak waktu untuk riset dan implementasi marketing plan supaya bisa menjadi efektif. Marketing adalah segala sesuatu yang diperbuat perusahaan untuk memfasilitasi segala interaksi yang terjadi antara perusahaan dengan konsumen atau pelanggannya. Itulah jawaban dari apa beda marketing dengan advertising.

tujuan segmentasi Pasar

Visits: 101

Secara umum segmentasi pasar mempunyai tujuan utama untuk meningkatkan posisi kompetisi bisnis dan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada konsumen. Selain tujuan utama tersebut terdapat tujuan-tujuan yang lebih sempit seperti, menigkatkan penjualan, memperbaiki pangsa pasar, melakukan komunikasi dan promosi yang lebih baik, dan memperkuat citra. Setidaknya terdapat 5 keuntungan yang dapat diperoleh dengan melakukan segmentasi pasar yaitu:

1. Mendisain produk-produk yang lebih responsif terhadap kebutuhan pasar. Perusahaan menempatkan konsumen di tempat yang utama, dan menyesuaikan produknya untuk memuaskannya (customer satisfaction at a profit).

2. Menganalisis pasar. Segmentasi pasar membantu penjual mendeteksi siap saja yang menyerang pasar produknya.

3. Menilai peluang (niche) Setelah menganalisis pasar, perusahaan yang menguasai konsep segmentasi dengan baik akan sampai pada ide untuk menemukan peluang. Peluang ini tidak selalu sesuatu yang besar, tetapi pada masanya akan menjadi besar.

4. Menguasai posisi yang superior dan kompetitif Perusahaan yang menguasai segmen dengan baik umumnyaadalah mereka yang paham betul konsumennya. Perusahaan memahami pergeseran-pergeseran yang terjadi di dalam segmennya.

5. Menentukan strategi komunikasi yang efektif dan efisien. Setelah mengetahui segmen yang dituju, maka perusahaan akan menentukan bagaimana berkomunikasi yang baik dengan segmen yang dituju.

facebook marketing

Visits: 19

Dalam dunia marketing, tentunya suatu bisnis membutuhkan massa yang sebanyak-banyaknya, karena massa inilah yang akan membantu menyebarluaskan informasi tentang suatu produk, jasa, ataupun merk. Word of mouth promotion lebih banyak berperan disini,dan semakin banyak massa yang mau menyebarluaskan informasi bisnis anda, maka proses pemasaran akan semakin mudah dan murah. Akan tetapi massa yang banyak adalah bukan segalanya, massa yang yang harus anda kuasai adalah massa yang sudah tersegmen dan menjadi target utama pemasaran anda. Cobalah anda untuk melakukan facebook marketing.

Bagi facebooker, tentu sudah terbiasa berbagi informasi dengan orang lain mengenai kegiatan-kegiatan yang dilakukannya melalui kotak status. Melalui kotak status inilah seseorang bisa tahu mengenai eksistensi seseorang, komunitas, organisasi, public figure, atau bahkan suatu bisnis. Bagi anda yang kreatif memanfaatkan kotak status, pasti anda akan menulis di halaman profile anda dengan tulisan yang menarik, unik, dan mampu mendatangkan perhatian teman-teman anda sehingga mereka berkomentar terhadap status anda.

Kreatif, menarik, dan unik. Inilah kuncinya. Dalam dunia marketing, istilah ini disebut soft marketing.

Facebook adalah media yang sangat efektif untuk memperkenalkan bisnis anda ataupun pribadi anda. Anda ingin terkenal ? Anda ingin memperkenalkan diri anda sebagai seorang ahli bidang bisnis, pembicara motivasi, pelatih sukses atau lainnya ? Atau anda ingin mempopulerkan komunitas, organisasi, atau kegiatan sosial nada ? Maka facebook adalah tempat yang bagus untuk memulai.

Tekuni dan jalankan dengan serius program pemasaran online anda melalui facebook ini, dan lihatlah hasilnya beberapa bulan kemudian.

Pertanyaannya adalah  Bagaimana memaksimalkan akun facebook untuk kepentingan bisnis kita ? Adakah tips-tipsnya? Dan seberapa sulitkah caranya ? Well, pada prinsipnya facebook marketing tidaklah terlalu sulit jika kita mengetahui beberapa tips dan strategi memaksimalkan facebook. Yang paling utama adalah tetap fokus pada visi dan misi yang akan anda sampaikan, dan tetap tidak meninggalkan prinsip-prinsip ilmu marketing.

every business is a service business

Visits: 179

Jika anda memiliki sebuah toko, mislanya toko cell phone, toko blu-ray, toko komputer, atau toko apapun, maka sebetulnya yang anda jual bukanlah produk yang ada di toko anda. Produk anda hanyalah merupakan output dari bagian produksi saja, sedangkan yang menentukan penghasilan anda agar berkelanjutan adalah service, manfaat, dan keuntungan yang diberikan toko anda kepada para konsumen. Bukan hanya di toko saja, yang menjadi tempat akhir produk sebelum sampai ke konsumen. Setiap bisnis adalah tentang pelayanan. Every business is a service business. Buat pelanggan puas, maka mereka akan kembali lagi dan kembali lagi. Inilah yang membuat penghasilan anda berkelanjutan, dan produktivitas per transaksi anda akan stabil bahkan meningkat.

Tidak percaya ? Ok, mari kita lihat contoh kasus berikut ini.

Di suatu pusat perbelanjaan, terdapat dua buah toko film yang saling berdampingan, yaitu Toko A dan Toko B. Kedua toko tersebut menjual dan memiliki koleksi produk yang sama, yaitu produk fashion terbaru. Yang membedakan adalah bahwa jika di Toko A pelayanan para pramuniaganya hanya biasa saja, sedangkan di Toko B mengedepankan service beyond service excellent. Dan apa yang terjadi ? Ternyata banyak pengunjung yang mendatangi Toko B dibandingkan dengan Toko A, dan tentu saja omzet penjualan Toko B lebih besar daripada Toko A. Kenapa? Karena dengan service yang dilakukan oleh Toko B membuat para pengunjung merasa nyaman untuk berlama-lama dan berbelanja di toko tersebut. Pelanggan puas, lalu akhirnya mereka menjadi pelayan setia, dan kesetiaan pelanggan adalah omzet bagi toko.

Semua itu adalah karena service. Service-lah yang menentukan omzet penjualan dan umur toko anda, bukan produk yang anda jual. Bagaimanapun lengkapnya koleksi barang di toko anda, anda akan rentan oleh serangan kompetitor jika anda tidak memiliki bentuk service yang hebat kepada konsumen anda.

Dan ini service ini berlaku bukan hanya untuk bisnis saja. Institusi, organisasi, pelayanan publik, bahkan hingga sekolah sekalipun umurnya akan dipengaruhi oleh service kepada penggunanya.Apabila service yang diberikan dapat memberikan kepuasan dan kenyamanan kepada para penggunanya, maka dengan kekuatan word of mouth akan membuat institusi, organisasi, atau sekolah tersebut banyak dilirik orang. Banyak orang yang ingin menggunakan jasanya. Tapi apabila service-nya buruk, maka lama kelamaan institusi, organisasi, atau sekolah tersebut akan ditinggalkan, dan pada akhirnya bubar. Sama seperti toko A yang akhirnya bangkrut dan tutup karena kalah bersaing dengan Toko B dalam hal service.

Jadi apapun yang anda jual, atau bahkan apapun bidang yang anda tekuni, maka ketahuilah bahwa service menentukan hidup dan matinya usaha anda, karena pada intinya every business is a service business.